Silaturahim Bersama Anak Yatim Dhuafa ke-1 dan Ceramah dalam konteks Pembinaan & Peningkatan Kapasitas pegawai Tahun 2020

Kegiatan silaturahim bersama anak yatim dhuafa ke-1 dan ceramah dalam konteks pembinaan & peningkatan kapasitas Pegawai Tahun 2020 dilaksanakan pada hari Jumat 31 Januari 2020, bertempat di lantai 4, Kantor BLU PPDPP. Kegiatan ini mengundang 30 anak Yatim Dhuafa dari Cilandak Barat, Jakarta, serta mengundang narasumber yaitu Ustad. Dr. Rusli Hasbi, Lc., MA yang memberikan ceramah dengan tema Integritas dan Fiqh Penyelenggaraan Jenazah. Kegiatan diawali dengan laporan Ketua Umum Rohis yaitu Muhammad Nauval Al-Ammari dan kemudian dilanjutkan dengan arahan pembinaan Pegawai oleh Direksi. Kegiatan ini dihadiri oleh Para Direktur, Kepala SPI, Para Kepala Divisi, Plt. Kepala Divisi serta Pegawai di BLU PPDPP.

Dalam kegiatan tersebut ustad.Dr.Rusli Hasbi,Lc., MA menjelaskan bahwa Integritas berkaitan dengan 4 Akhlak mulia yang dimiliki oleh Rasulullah saw yaitu Shiddiq, Amanah, Fathanah, dan Tabligh. Nasehat-nasihat yang disampaikan, diantaranya yaitu: pegang teguh kebenaran dan kejujuran, setiap insan yang bertaqwa agar bisa menjaga rahasia. Dalam kehidupan berkeluarga, anggota keluarga yang menceritakan/membuka aib atau kekurangan yang ada dalam keluarganya kepada orang lain berarti telah melakukan perbuatan dosa. Sama halnya dengan kehidupan di kantor, setiap Pegawai harus dapat menjaga rahasia kantornya dengan baik sesuai dengan regulasi yang berlaku dan setiap Pegawai harus proaktif dalam mencegah agar tidak terjadi penyimpangan dalam bekerja. Sebagai contoh, diberikan; kita bekerja di satu kantor layaknya tinggal di satu kapal, maka kita harus menjaga keamanan kapal dengan baik, sekiranya ada 1 orang yang dibiarkan melubangi kapal, maka semua yang ada di dalam kapal akan tenggelam.  Nasehat yang lain yang disampaikan adalah bahwa anak Yatim adalah suatu kebanggaan dan bukan merupakan suatu kekurangan. Kita semua dianjurkan untuk berbuat baik kepada Anak Yatim. Anal Yatim adalah gambaran Pemimpin, banyak Pemimpin yang berasal dari Anak yatim.

Ustad.Dr.Rusli Hasbi,Lc., MA memberikan informasi terkait tata cara memandikan, menshalatkan, dan menguburkan Jenazah. Hal tersebut dijelaskan dengan menggunakan simulasi agar pemahaman secara lisan maupun visual dapat diterima dengan baik.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan sejumlah manfaat diantaranya yaitu: memupuk rasa kepedulian sosial, meningkatkan pemahaman Pegawai terhadap nilai-nilai integritas, mengingat kematian untuk menjadi insan yang semakin bertaqwa, sehingga dalam bekerja, insan PPDPP bukan hanya menjadi semakin cerdas secara intelektual, tetapi juga semakin cerdas secara emosional dan spiritual./W