Silaturahim Bersama Anak Yatim Dhuafa ke-6 dan Ceramah Pembinaan & Peningkatan Kapasitas Pegawai

Kegiatan Silaturahim Bersama Anak Yatim Dhuafa ke-6 dan Ceramah dalam Konteks Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Pegawai Tahun 2019 dilaksanakan pada hari Jumat 18 Oktober 2019 di Lantai 4, Kantor LPDPP. Kegiatan ini dihadiri oleh 20 Anak Yatim dari Yayasan Donasi Umat Lebak Bulus, Jakarta. Acara yang telah diselenggarakan sebanyak enam kali ini dan dihadiri oleh Para Direktur, Kepala SPI, Para Kepala Divisi, Plt. Kepala Divisi dan Para Pegawai LPDPP.

Kegiatan diawali dengan Penyampaian Laporan Ketua Umum Rohis yang di sampaikan oleh Muhammad Nauval Al-Ammari selaku Kepala Divisi SDM. Selanjutnya kegiatan dibuka oleh Prof.Dr.Ir.Arief Sabaruddin,C.E.S  selaku Direktur Utama BLU LPDPP. Adapun tema Kegiatan Silaturahim Bersama Anak Yatim Dhuafa ke-6 dan Ceramah dalam Konteks Pembinaan & Peningkatan Kapasitas Pegawai Tahun 2019 adalah Integritas dan mengenal Akad Syariah Pembiayaan pemilikan Rumah yang disampaikan oleh Narasumber yaitu Ustad Dr. Muhammad Fudhail Rahman, Lc., MA.

Arief Sabaruddin menjelaskan bahwa Integritas berkaitan dengan 4 Akhlak mulia yang di miliki Rasullah SWT yaitu Shiddiq yang artinya Kejujuran dan Kebenaran, Amanah berarti benar-benar di percaya, Fathanah yang mengandung arti Cerdas dan Tabligh yang memiliki arti menyampaikan dengan maksud dapat menyampaikan pesan dengan benar melalui tutur kata yang baik dan lembut. Tema yang kedua yang disampaikan Ustad Dr. Muhammad Fudhail Rahman, Lc., MA yaitu tentang Mengenal Akad Syariah Pembiayaan pemilikan Rumah.

Menurut Arief Sabaruddin Akad syariah terdiri dari Murabahah yaitu transaksi jual beli dimana ada penjual dan pembeli yang menyepakati pembagian keuntungan. Kemudian akad Mudhorobah dimana akad kerjasama usaha antara dua belah pihak dimana pihak pertama menyediakan seluruh modal sedangkan pihak lain mengelola modal tersebut. Kemudian terakhir akad Ijarah Muntahiya Bit-Tamlik (IMBT) yaitu Akad perpaduan transaksi antara akad jual beli dengan akad sewa yang di akhiri dengan peralihan kepemilikan barang kepada Pihak Penyewa/Pembeli.

Arief Sabaruddin selaku Ketua Komite Pengarah Rohis BLU LPDPP menyampaikan bahwa Kegiatan Silaturahim Bersama Anak Yatim Dhuafa ke-6 dan Ceramah dalam Konteks Pembinaan & Peningkatan Kapasitas Pegawai Tahun 2019 ini dilaksanakan selain untuk berbagi kepada sesama, juga untuk meningkatkan Pemahaman kita terhadap ilmu Pembiayaan Syariah. Pegawai BLU LPDPP diharapkan tidak hanya sekedar memahami ilmu syariah tetapi juga dapat mengimplementasikan ilmu tersebut dalam bekerja dan kehidupan sehari-hari.

BLU LPDPP telah memiliki dan menyalurkan program FLPP yang didukung dengan Akad Syariah dan disalurkan melalui Perbankan Syariah. Dalam dunia International, prinsip-prinsip pembiayaan Syariah sudah banyak diterapkan dan memberikan manfaat yang banyak dan luas. Diharapkan Program FLPP ke depan dapat terus berkembang untuk bisa memberikan manfaat yang lebih banyak dan lebih luas kepada Masyarakat Indonesia.