Sosialisasi Penyusunan Kontrak Kinerja dan Penilaian Kinerja

Kegiatan Sosialisasi Penyusunan Kontrak Kinerja dan Penilaian Kinerja dilaksanakan pada hari Kamis 23 Januari 2020, bertempat di Ruang Rapat Bromo Lantai 2, Kantor BLU PPDPP. Kegiatan dipimpin oleh Muhammad Nauval Al-Ammari selaku Kepala Divisi SDM. Kegiatan ini dihadiri oleh Para Pegawai dari tiap-tiap Unit Kerja di BLU PPDPP.

Kegiatan sosialisasi penyusunan kontrak kinerja dan penilaian kinerja membahas tentang KPI Balancing & manual IKU, Cascading dan Alignment dan Indikator Kinerja Individu dan Penilaian Kinerja. Dalam penjelasannya mengenai KPI Balancing & manual IKU, Muhammad Nauval Al-Ammari menjelaskan bahwa dasar dan prinsip-prinsip penyusunan kontrak kinerja dan penilaian kinerja mengacu pada Surat Edaran Direktur Utama BLU PPDPP nomor 11/SE/Sg/2019 tentang Manajemen Kinerja Pegawai di lingkungan BLU PPDPP. Regulasi dan bahan sosialisasi terkait penyusunan kontrak kinerja penilaian kinerja dapat di download dalam aplikasi Human Resources Information System (HRIS).

Manual IKU harus mencerminkan tugas dan fungsi utama Organisasi/Pegawai serta didasarkan pada prioritas dan fokus Organisasi. Dalam menyusun IKU harus menggunakan prinsip SMART-C, yaitu: Specific; Mampu menyatakan sesuatu secara definitif (tidak normatif), tidak bermakna ganda, relevan dan khas/unik dalam menilai serta mendorong kinerja suatu unit/Pegawai. Measureable; Manual IKU harus dapat diukur dengan jelas dan jelas pengukurannya. Agreeable; Telah disepakati oleh pemilik IKU dan atasannya dengan tetap memperhatikan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance). Realistic; Ukuran manual IKU harus realistis, dapat dicapai, masih dalam kendali dan memiliki target yang menantang. Time-Bounded; Memiliki batas waktu pencapaian. Continously Improved; Kualitas dan target disesuaikan dengan perkembangan strategi organisasi dan selalu disempurnakan.

Dalam mendistribusikan sasaran kinerja dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu: Cascading; Proses menurunkan sasaran strategis dan IKU dari tingkatan jabatan tertinggi ke tingkatan jabatan yang lebih rendah secara hierarki. Alignment; Proses menjamin bahwa sasaran strategis dan IKU harus seimbang/selaras antar level jabatan. Alignment terbagi menjadi 2, yaitu Direct dan Indirect.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, setiap Pegawai BLU dapat lebih memahami mengenai penyusunan kontrak kinerja sehingga implementasi Manajemen Kinerja di lingkungan BLU PPDPP di Tahun 2020 bisa lebih baik, lebih profesional, dan lebih efektif dalam mendorong peningkatan kinerja Pegawai dan Organisasi secara berkelanjutan.