Sosialisasi SiKasep Hadir di Berbagai Kota di Indonesia

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) gencar melakukan sosialisasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan alias SiKasep di berbagai kota di seluruh Indonesia setelah diluncurkan ke publik 19 Desember 2019 lalu. Animo masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sangat tinggi sejak diluncurkannya aplikasi yang sangat membantu masyarakat dalam memiliki rumahnya. Melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui playstore ini, MBR bisa mengakses langsung dari rumah dan menentukan rumah pilihan sesuai dengan wilayah yang diinginkan.

Tercatat dari database PPDPP, sudah tercatat sebanyak 57.208 calon debitur yang mengakses aplikasi ini. Dimana 20.888 calon debitur belum mengajukan subsidi checking, sebanyak 27.724 calon debitur dinyatakan lolos dari subsidi checking, sebanyak 1.669 tidak lolos subsidi checking dan 6.323 calon debitur telah lolos verifikasi dan 14 calon debitur telah mengajukan dana ke FLPP untuk segera dicairkan.

“Per tanggal 30 Januari 2020 ini tercatat telah terdapat 19 debitur yang dibiayai oleh PPDPP melalui aplikasi ini,” Ujar Direktur Utama PPDPP, Arief Sabaruddin.

Untuk lebih mendekatkan dan memberikan wawasan yang lebih jelas terkait aplikasi yang baru berusia 1 bulan 11 hari ini, PPDPP telah melakukan sosiailsasi dan edukasi baik kepada masyarakat melalui video dan panduan penggunaan aplikasi yang bisa diunduh di web PPDPP dan juga mendatangi langsung pengembang dari berbagai asosiasi, dan bank pelaksana.

Sejak diluncurkan SiKasep sudah  hadir di Jakarta, Bekasi, Makassar, Bandar Lampung, Malang, Bogor, dan Cikarang. “37 Bank Pelaksana diminta untuk melakukan sosialisasi dan edukasi Program KPR Sejahtera FLPPdan SiKasep bersama dengan PPDPP kepada masyarakat berpenghasilan rendah. Untuk Bank Pembangunan Daerah (BPD) akan melakukan kegiatan yang sama tetapi akan ditujukan kepada ASN, TNI dan Polri di wilayah masing-masing,” ujar Direktur Layanan, Agusny Gunawan menjelaskan.

Rencananya hingga Maret mendatang, SiKasep akan hadir di Jambi, Aceh, Sumut, Bandung, Kalimantan, Riau Kepri, Sulawesi hingga Papua.