Sosialisasi SiKasep Hadir di Medan

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) terus melakukan sosialisasi aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) di seluruh wilayah Indonesia. Jika sebelumnya sudah dilakukan di kota Jakarta, Cikarang, Bogor, Bandung, Malang, Surabaya, kali ini SiKasep hadir menemui pengembang yang tergabung dalam asosiasi REI (Real Estate Indonesia) dan asosiasi Himpera (Himpunan Pengembang Perumahan dan Permukiman) di kota Medan, Kamis – Jumat (6-7/2).

Pertemuan yang dihadiri oleh 300 orang peserta ini, tak hanya dihadiri oleh pengembang yang tergabung dalam asosiasi tersebut tetapi juga Bank Pelaksana yang menyalurkan dana FLPP di provinsi Sumatera Utara. “Aplikasi Sikasep dan Aplikasi Sikasep untuk pengembang memang diluncurkan untuk memudahkan semua pihak. dan kami berharap semua pihak dapat mendukung program ini,” ujar Direktur Umum dan Hukum yang hadir untuk membuka acara.

Aplikasi SiKasep ini memiliki empat pintu dalam pelaksanaannya. Pintu pertama, yang bisa diakses langsung oleh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui aplikasi SiKasep, pintu kedua bisa dimasuki oleh pengembang lewat Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang) yang bertugas untuk menyiapkan semua data perumahan yang akan dipilih oleh MBR, perbankan yang melakukan verfikasi dengan system host to host dan PPDPP yang memproses pengajukan data MBR, menyalurkan dana FLPP dan memonitoring pelaksanaannya.

Hingga saat ini per tanggal 6 Februari 2020 sudah tercatat dalam aplikasi Sikasep sebanyak 67.619 calon debitur yang terdaftar, 22.930 belum mengajukan subsidi checking, 32.740 dinyatakan telah lolos subsidi checking dan 1.447 tidak lolos subsidi checking. Bahkan saat ini sudah terdapat 9.712 calon debitur yang sudah dalam proses verifikasi bank dan 51 calon debitur sudah mengajukan dana FLPP.

Rencananya hingga Maret mendatang, SiKasep akan hadir di Jambi, Aceh, Kalimantan, Riau Kepri, Sulawesi hingga Papua.