Tingkatkan Ketepatan Sasaran, PPDPP Lakukan Aktualisasi NIK Penerima FLPP

Dalam mendukung pelaksanaan pembiayaan perumahan serta untuk menjamin ketepatan sasaran penerima Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) , Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) melalui Divisi Database unit kerja Direktur Operasi melaksanakan kegiatan Akutualisasi NIK (Nomor Induk Kependudukan) Penerima FLPP Tahun 2010-2020 di Hotel Holiday Inn, Kota Bandung pada Kamis (25/3) dengan melibatkan 32 Bank Pelaksana.

Direktur Operasi, Martanto B. J. dalam sambutannya menyampaikan pentingnya sinkronisasi data NIK yang dikelola oleh PPDPP dengan Bank Pelaksana untuk memastikan penerima FLPP yang tepat sasaran. “Data NIK menjadi dasar bagi kami dalam memproses bantuan pembiayaan perumahan. Jadi forum ini kami jadikan ajang untuk menyamakan data dan memastikan semua sudah sesuai aturan yang ada,” ujar Martanto menegaskan.

Pada kegiatan ini juga dihadiri perwakilan dari Ditjen Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Subhan Sukri, Pranata Komputer Ahli Muda sebagai narasumber . Pada materi yang disampaikan, dijelaskan mengenai integrasi data kependudukan dan NIK sebagai  Single Identity Number (SIN) serta pemanfaatan NIK sebagai  cermin satu data kependudukan yang bersifat unik, khas, tunggal dan melekat.

Pada kesempatan yang sama, Fachri Kepala Divisi Database PPDPP menyampaikan jumlah data NIK Penerima FLPP tahun 2010-2020 yang perlu dilakukan aktualisasi kepada Bank pelaksana serta rencana proses pelaksanaan aktualisasi data tersebut. Data NIK yang perlu dilakukan aktualisasi adalah NIK yang belum sesuai dengan standar penomoran NIK. Proses aktualisasi melibatkan tiga belah pihak, yaitu PPDPP, Ditjen Dukcapil dan Bank pelaksana. PPDPP dalam hal ini akan menginformasikan kepada Bank pelaksana NIK yang harus diaktualisasi, yang selanjutnya Bank pelaksana harus memastikan terlebih dahulu validitas NIK yang dimaksud ke data kependudukan yang dikelola oleh Ditjen Dukcapil sebelum disampaikan kembali ke PPDPP.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur Umum dan Hukum, Niene Nierani Iskandar yang didampingi oleh Kepala Divisi Hukum, Siska Purnianti dan perwakilan dari masing-masing unit kerja di lingkungan PPDPP.