Tingkatkan Kualitas Kinerja dan Pelayanan, PPDPP Selenggarakan Pelatihan Secara Online

Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kinerja pegawai di Lingkungan Kerja Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR), Unit Kerja Direktur Umum & Hukum PPDPP melalui Divisi SDM menyelenggarakan kegiatan pelatihan tentang cara berpikir kreatif dan menyelesaikan suatu masalah yang pelaksanaannya dijadwalkan berlangsung selama 2 hari, yaitu hari Rabu, (7/10) dan Kamis, (8/10).

Kegiatan pelatihan ini dilakukan secara online menggunakan aplikasi zoom meeting, Direktur Umum dan Hukum PPDPP, Atik Niene Nierani Iskandar secara langsung membuka kegiatan ini. Dalam sambutan singkatnya, Niene menyampaikan bahwa, diharapkan setiap peserta pelatihan mengikutinya dengan serius, sehingga ilmunya dapat diimplementasikan dalam mengerjakan tugas dan fungsinya sehari-hari sesuai dengan jabatan dan tanggung jawab masing-masing divisi.

Selain itu di tengah Era Industry 4.0 seperti saat ini, kemampuan seorang pegawai dalam menelurkan ide-ide serta gagasan yang kreatif dan mampu menyelesaikan suatu masalah dengan baik merupakan salah satu tanda keberhasilan sebuah lembaga dalam mempertahankan eksistensinya. Hal ini sebagaimana sering disampaikan oleh Direktur Utama PPDPP, Arief Sabaruddin kepada seluruh pegawai PPDPP dalam beberapa kesempatan kegiatan briefing dan evaluasi yang dilakukan rutin oleh seluruh Direksi dan Pegawai PPDPP pada pagi dan sore hari selama masa work from home (WFH) berlangsung.

Adapun sejak awal tahun 2020 ini PPDPP telah banyak menciptakan terobosan-terobosan baru, diantaranya di bidang pelayanan dan informasi melalui pengelolaan informasi pada website dan media sosial yang dimiliki, di bidang perencanaan bisnis dengan pengembangan core bisnis baru dan di bidang teknologi informasi yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan PPDPP terhadap masyarakat dan seluruh Stake Holder.

Sebagai contoh ide kreatif yang terus dibutuhkan dan telah diimplementasikan oleh PPDPP dalam upaya meningkatkan pelayanan adalah berangkat dari konsep Direktur Utama PPDPP yang menjadikan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebagai subjek utama program bantuan pembiayaan perumahan bersubsidi, dari konsep tersebut, maka lahirlah aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) yang bisa diakses oleh masyarakat, kemudian tersedianya jalur Sistem Host to Host yang mampu mensinergikan Sistem Pelayanan Bank Pelaksana dengan konsep Big Data milik PPDPP dan lahirnyas Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang) sebagai aplikasi kerja bagi Pengembang.

kemampuan untuk berpikir kreatif dan mampu menemukan solusi yang tepat sudah selazimnya menjadi tuntutan setiap individu Pegawai di lingkungan kerja PPDPP, Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 26 Pegawai PPDPP yang terdiri dari 4 orang Kepala Divisi dan 22 orang Staf perwakilan dari setiap divisi dan lintas Direktorat di lingkungan kerja PPDPP. Adapun Kepala Divisi yang hadir diantaranya Edang Sumarmi selaku Kepala Divisi SDM; Rozalinda Yahya selaku Kepala Divisi Humas; Siska Purnianti selaku Kepala Divisi Hukum dan Luwi Wahyu Adi selaku Kepala Divisi Verifikasi.

Dengan penyampaian materi yang sederhana dan dua arah, Pahala David Pandjaitan, selaku trainer utama yang juga banyak mengisi pelatihan di beberapa perusahaan besar ini mampu merangsang kemampuan berpikir kreatif peserta dan mampu menciptakan suasana diskusi antar anggota kelompok atau grup menjadi hidup.

Meski kegiatan pelatihan ini dilaksanakan terbatas tanpa tatap muka secara langsung, namun pelatihan yang dilakukan di hari pertama berjalan dengan antusiasme tinggi dari seluruh peserta. Dalam kesempatan rapat evaluasi sore bersama Direksi dan seluruh Pegawai PPDPP, Luwi Wahyu Adi, selaku Kepala Divisi Verifikasi berharap agar pelatihan sejenis seperti ini bisa diikuti oleh seluruh pegawai PPDPP untuk meningkatkan kapasitas diri SDM PPDPP.