Upacara Peringatan HUT KORPRI ke-45 di Lingkungan Kementerian PUPR

Jakarta – Pegawai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan upacara memperingati Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-45 di Lapangan Kantor Kementerian PUPR, Selasa (29/11).

Presiden RI, Joko Widodo dalam sambutan yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR, Danis H Sumadilaga meminta Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI menjadi pusat inovasi dan tempat lahirnya loncatan-loncatan kemajuan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pada kesempatan itu juga disampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan dari Presiden kepada segenap keluarga besar KORPRI yang sudah dan sedang mengemban tugas, tanggungjawab, serta pengabdian kepada negara, bangsa dan rakyat, di seluruh penjuru tanah air dan dunia.

Hari Ulang Tahun Ke-45 KORPRI mengusung tema “Bersama KORPRI Meneguhkan Netralitas dan Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara”. Presiden menilai tema tersebut sangat tepat semangatnya dalam menyambut pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak 2017.

Presiden menyampaikan bahwa pengabdian anggota KORPRI bukanlah kepada kepentingan kelompok maupun individu. Melainkan pengabdian anggota KORPRI hanyalah kepada bangsa, negara, dan rakyat KORPRI akan segera bertransformasi menjadi Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI.

Dalam bentuk baru itu, fungsi pemerintahan yang diemban berupa pembinaan dan pengembangan profesi Aparatur Sipil Negara, memberikan perlindungan hukum dan advokasi kepada anggota ASN, memberikan rekomendasi terhadap pelanggaran kode etik dan kode perilaku, serta meningkatkan kesejahteraan anggotanya. (ind)